BumdesDesa

Hanya Di Desa Jambu Kab. Sergei, Keuntungan Bumdes Untuk Sembako Warga Miskin Dampak C-19

LANGKATPEDIA.COM (SERGEI): Dengan mata berkaca-kaca dan bercampur rasa haru, Ibu Sugiyem, salah seorang warga miskin, penerima bantuan sosial berupa sembako, mengucapkan terimakasih kepada kepala desa Jambu bapak Rantiko.

” Alhamdulilahhhh…, terima kasih pak kades, terima kasih pak kades, terima kasih bapak, ibu, bantuan sembakonya,” ungkap ibu Sugiyem kepada kades Jambu, Rantiko, dan rombongan yang datang ke rumahnya mengantarkan sembako, Sabtu, (25/4).

Bantuan sembako tersebut bersumber dari keuntungan unit usaha yang dikelola Badan Usaha Milik Desa, Bumdes Al Hikmah, yang berada di desa Jambu kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Sergei.

” Bumdes Al Hikmah mengelola unit usaha ternak sapi dan peralatan pesta. Pada tahun 2019 telah membubuhkan surplus sebesar Rp.17.915.000, dan telah memberikan Pendapatan Asli Desa (PAD) bagi desa Jambu”, sebut Rantiko selaku kades Jambu kepada Langkatpedia.com, Sabtu, (25/4).

Sebutnya lagi, pemerintahan desa Jambu bersama pengurus Bumdes Al- Hikmah sepakat untuk membagikan keuntungan yang di raih Bumdes Al-Hikmah dengan memberikan sembako kepada warga kurang mampu yang terdampak  pandemi Covid-19.

” Bantuan sosial berupa pembagian sembako bagi 113 kepala keluarga warga miskin yang terdampak Covid-19 di desa Jambu”, ujar Kades.

Malau, Bhabinkamtibmas Desa Jambu mewakili Polsek Tebing Tinggi sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Jambu yang telah membantu warga kurang mampu.

” Setahu saya, belum ada pemerintahan desa di Kecamatan Tebing Tinggi ini, yang membantu warganya yang miskin, yang terdampak Covid 19¬† melalui dana Bumdes, baru ada di desa Jambu ini”, ucap Malau.

Turut mengapresiasi, Anisa Mukmin selaku Direktur Bumdes Al Hikmah. ” Kami apresiasi Pemerintah Desa Jambu, kami sangat bangga, karena pemerintahan desa Jambu peduli dengan kesusahan warganya yang terdampak Covid-19. Hingga berinisiatif untuk mengeluarkan dari PAD keuntungan Bumdes,¬†tutur Anis Mukmin sebagai Direktur Bumdes Al-Hikmah.

Kegiatan bagi sembako turut dihadiri Pendamping Lokal Desa Ahmad Maskur, Malau mewakili Polsek Tebing Tinggi, N.Hidayat Babinsa Koramil 24, pengurus Bumdes, perangkat desa, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat,

” Ini merupakan kepedulian sosial pemerintah desa Jambu dan Bumdes dengan mengalokasikan dana Pendapatan Asli Desa( PAD) yang bersumber dari keuntungan unit usaha Bumdes Al Hikmah untuk membantu warga kurang mampu ditengah-tengah merebaknya virus Corona. Kegiatan ini dapatlah di tiru Bumdes lain di Kabupaten Sergei maupun Bumdes-bumdes yang ada di Sumut di masa Covid-19 ini”, kata Ahmad Maskur berharap.

Tengku Fahrizal Husni selaku Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kabupten Sergei, turut mengapresiasi kegiatan Pemerintah Desa Jambu dan Bumdes Al Hikmah dalam kepedulian kepada warga miskin dimasa Covid-19, diluar Bantuan Langsung Tunai yang akan disegerakan turun dari Dana Desa.(Tf)

Tags
Show More
Back to top button
Close
Close