BumdesDesa

Revitalisasi Bumdes Di masa COVID-19

LANGKATPEDIA.COM(SERGEI):
Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Tengku Fachrizal Husni menyebutkan, pandemi virus covid-19 berdampak terhadap aktifitas ekonomi masyarakat desa di Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. Sebelum wabah covid-19, banyak aktifitas ekonomi kreatif yang dijalankan masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa, dimana pendanaanya bersumber dari dana desa dan swadaya masyarakat.

Mewabahnya Virus Corona menyebabkan banyak Bumdes yang menghentikan sementara aktifitasnya. Ditengah situasi seperti ini perlu ada terobosan, kreasi dan inovasi dari pelaku-pelaku ekonomi di desa terutama pelaku langsung dari BUMDES.

Salah satu alternatif usaha ekonomi yang tidak terlalu terdampak virus Corona dan dapat dijalankan Bumdes adalah usaha penyaluran gas 3 kg.

” Ini salah satu alternatif dan peluang usaha Bumdes yang menjanjikan, di masa sulit covid-19 sekarang ini, dan saya yakin Bumdes dapat melakukannya”, ungkap Tengku Fahrizal Husni selaku Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa ketika dihubungi Langkatpedia.com, (16/4).

Ditambahkan Tengku, gagasan ini telah ditindak lanjuti serius dengan menjajaki tawaran kerjasama Bumdes dengan PT Lautan Gas Makmur, salah satu Agen resmi penyaluran gas 3 kg yang ada di Sergei. Keduanya pun sudah melakukan serangkain pertemuan untuk persiapan pelaksanaan kerjasama dimaksud.

” Sudah ada Bumdes yang berminat dengan tawaran kerjasama ini dan siap merealisasikannya dalam waktu secepatnya, menyusul 2 Bumdes lagi dan beberapa Bumdes lain segera menyusul untuk bekerjasama”, sebutnya Tengku.

” Bumdes Cita Manis, siap bekerjasama dengan PT Lautan Gas Makmur sebagai Sub Agent Penyalur LPG 3 kg di desa Citaman Jernih”, ungkap Dudi Handayani Ketua Bumdes kepada Tengku Fahcrizal Husni.

” Kerjasama dilakukan dalam rangka pengembangan usaha ekonomi desa dengan skema revitalisasi Badan Usaha Milik Desa dimana Bumdes menjalankan fungsi sebagai sub-agent penyalur LPG 3 kg di Sergei”, ungkap Tengku lagi.

” Rantai penyalurannya, Pertamina menyalurkan ke SPPBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji) lalu ke agen selanjutnya ke sub-agen atau pangkalan/Bumdes. Bumdes menjualnya gas 3 kg langsung ke masyarakat”, sebut K. Simamora perwakilan PT Lautan Gas Makmur kepada Tengku Fachrizal Husni.

K. Simamora menyatakan bahwa kerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang ada di Kabupaten Sergei dapat di realisasikan dengan ketentuan atau prasyarat yang harus dipenuhi diantaranya :
1. Bumdes berfungsi sebagai pangkalan Sub-agen penyaluran gas 3 kg.
2. PT Lautan Gas Makmur memberikan quota sebanyak 560 tabung gas 3 kg/perbulan kepada Bumdes sebagai pangkalan.
3. Ketersedian tabung sebanyak 140 tabung bagi Pengelola Pangkalan.
4.Bumdes menyediakan Gudang Penyimpanan.
5.Bumdes sebagai pengelola menyediakan tabung racun api
6.Bumdes mengajukan permohonan kepada PT Lautan Gas Makmur dengan melampirkan KTP-El pengurus/Ketua Bumdes
7.Melampirkan surat keterangan dari Kepala Desa domisili Bumdes dan pengurus.

” Bumdes yang ada di Sergei dan berminat dengan tawaran kerjasama ini, dapat langsung menjajaki kerjasama dengan PT Lautan Gas Makmur dengan  melengkapi syarat yang telah ditentukan”, ucap Tengku mengakhiri. (Gusm)

Tags
Show More
Back to top button
Close
Close