DesaInspirasi LangkatReligiTentang DesaUKM

Perempuan Langkat Inovasi Pengolahan Sedotan Ramah Lingkungan

Pemampaatan Tanaman Purun menjadi Sedotan

Langkatpedia.com ( Stabat ) Indonesia Sebagai salah satu negara berpopulasi terbesar di dunia, penggunaan Sedotan untuk minuman merupakan pengguna terbesar di dunia. Tercatat ada 93 juta penggunaan sedotan Di Indonesia jika diikut sertakannya dengan negara lain, tentunya akan berkali-kali lipat lebih banyak. Penggunaan sedotan ini sebagian terbuat dari plastik yang sulit terurai dan menumpuk jadi sampah. Banyak sampah sedotan dibuang dan Menjadi Limbah yang berserakan, menghindari degradasi lingkungan, sejumlah orang berupaya mencari inovasi sedotan yang ramah lingkungan dan bahan bakunya tersedia di masyarakat terbuat dari bahan alam.

Kelompok Usaha Bersama Barokah Desa Mekar Jaya Kecamatan Wampu yang mengelola kerajinan berbahan Baku Purun , melihat potensi yang ada disekitar Desanya melakukan inovasi mengembangkan produk dari Purun menjadi Sedotan. Rizka Krisnanta sebagai penggiat pengrajin purun Kelompok Usaha Bersama Barokah Desa Mekar Jaya , menyampaikan “Kami telah mengembangkan pengetahuan turun temurun Pengetahuan itu memuat cara bagaimana mengikat barang dengan tali yang dibuat dari tumbuhan purun, dan mengkreasikannya menjadi topi, sandal dan Tas. Dan Saat ini dalam pengembangan pembuatan Sedotan dari Purun dimana Pasar nya terbuka Luas ” ujarnya

Daun purun dikenal memiliki kemampuan mengikat yang kuat dan tidak mudah bocor sehingga bisa dijadikan sedotan. Sabtu 11/11/2023 Perempuan Desa Mekar Jaya yang tergabung dalam kelompok Usaha Bersama Barokah mendapatkan pendampingan Dari Inkubator dan Offtaker yang akan menjalin Kemitraan dalam pengembangan usaha Pembuatan sedotan dari purun .Tokoh Pemuda Wampu, Iskandar Sani, menyampaikan “Mengapresiasi Atas kemitraan yang terjalin dengan Kelompok Usaha Bersama Barokah Desa Mekar Jaya dengan Offtaker serta berharap Dengan pengembangan Potensi Desa¬† Mekar Jaya¬† dapat berkontribusi dalam pelestarian Lingkungan dan peningkatan ekonomi rumah tangga . Ujarnya mengakhiri.

Tim

Show More
Back to top button
Close
Close